Kamis, 29 September 2011 | By: wahid sulaiman

Arti Penting Organisasi Dalam Masyarakat


Bab 1

Pendahuluan


1.1 Latar Belakang Masalah


Diera sekarang seperti ini orang mengenal yang namanya organisasi ,karena di lingkungan sekitar tempat kita tinggal dan bersosialisasi pasti ada sebuah organisasi .dimulai dari organisasi berbasis politik ,organisasi berbasis sosial ,organisasi berbasis kemahasiswaan.organisasi akan selalu hadir dalam lingkungan bermasyrakat .dalam makalah ini akan dibahas arti dari sebuah organisasi dan arti penting organisasi dalam masyrakat.



1.2 Batasan Masalah
Dalam makalah ini akan dibahas arti dari organisasi ,peranannya ,dan arti penting organisasi itu sendiri di dalam sebuah masyarakat.


1.3 Tujuan

Untuk mengetahui arti penting organisasi dan dampaknya didalam lingkungan masyarakat.




BAB 2

Pembahasan




2.1 Pengertian Organisasi

    Organisasi adalah sekelompok individu yang berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama ,organisasi itu sebuah wadah yang menampung aspirasi ,cita cita ,harapan orang-orang. Organisasi memiliki karakter tersendiri, jati diri, sejarah, kisah, suka, sedih, cita-cita,aspiras harapan orang banyak .Sebenarnya bagi orang dewasa sudah tidak awam dengan yang namanya organisasi ,dari sd ,smp ,rt,rw,dan bahkan lingkungan keluarga bisa di sebut organisasi.

    Organisasi didirikan oleh sekelompok orang tentu memiliki alasan. Seorang pakar bernama Herbert G. Hicks mengemukakan dua alasan mengapa orang memilih untuk berorganisasi:

    1. Alasan Sosial (social reason), sebagai “zoon politicon ” artinya mahluk yang hidup secara berkelompok, maka manusia akan merasa penting berorganisasi demi pergaulan maupun memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat kita temui pada organisasi-organisasi yang memiliki sasaran intelektual, atau ekonomi.


    2. Alasan Materi (material reason), melalui bantuan organisasi manusia dapat melakukan tiga macam hal yang tidak mungkin dilakukannya sendiri yaitu:
    • Dapat memperbesar kemampuannya

    • Dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu sasaran, melalui bantuan sebuah organisasi.
    • Dapat menarik manfaat dari pengetahuan generasi-generasi sebelumnya yang telah dihimpun.


    Organisasi bisa juga disebut kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan. Kesamaannya itulah yang menyebabkan masing-masing individu, yang pastinya berbeda, mau bergabung dan menjadi anggotanya. Kesamaan bisa disebabkan kepentingan yang sama, cita-cita, harapan dan satu tujuan.

    Ketika bergabung menjadi anggota organisasi tertentu tidak lagi sebuah paksaan. Anda bebas memilih, ingin bergabung atau tidak.
    Ada beberapa hal yang harus kita sadari dalam berorganisasi. Bahwa organisasi ini milik banyak orang, semua anggota, bukan milik pengurus atau ketua. Sedemikian banyak orang yang memiliki karakter, sifat, bahasa, kebiasaan yang berbeda memberi kita kesempatan belajar jenis-jenis manusia.seutuhnya organisasi dapat memberi manfaat bagi banyak orang, dan Anda merasa mampu memperbaikinya, sebaiknya Anda tetap bertahan. Seringkali organisasi ditangani secara salah, dan mungkin Anda orang yang terpilih untuk berperan lebih. Apa yang saya tahu, tidak ada usaha yang sia-sia. Membangun organisasi, sejatinya juga membangun kepribadian Anda.

    2.2 Tujuan Sebuah Organisasi 

    Tujuan organisasi merupakan suatu harapan yang diinginkan dalam sebuah organisasi sesuai dengan misi dan visi pada organisasi tersebut demi kesejahteraan seluruh anggotanya.Setiap organisasi juga harus punya arah ,mau dibawa kemana organisasi ini ,dan juga harus punya visi dan misi.

      Visi adalah cara pandang jauh ke depan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif. Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi.
      Berdasarkan hal tersebut, maka penetapan visi, sebagai bagian dari perencanaan strategis, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi. Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya. Kehidupan organisasi sangat dipengaruhi oleh perubahan lingkungan internal dan eksternal. Oleh karenanya, visi organisasi juga harus menyesuaikan dengan perubahan tersebut.Pada hakekatnya tidak ada visi organisasi, yang ada adalah visi-visi pribadi dari anggota organisasi.  Namun kita harus mampu merumuskan gambaran bersama mengenai masa depan, berupa komitmen murni tanpa adanya rasa terpaksa. Visi adalah mental model masa depan, dengan demikian visi harus menjadi milik bersama dan diyakini oleh seluruh anggota organisasi.

      Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Dengan pernyataan misi tersebut, diharapkan seluruh pegawai dan pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh dimasa mendatang.


      2.3 Prinsip Prinsip Dari sebuah organisasi


      Ada beberapa prinsip dari sebuah organisasi yaitu :

      1. Bahwa Organisasi Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas,ini hal mutlak yang harus dimiliki sebuah organisasi ,mau dibawa kemana suatu organisasi ini ,sehingga organisasi harus punya misi dan visi yang jelas agar tidak berhenti di tengah jalan .

      2. Bahwa harus ada kepemimpinan,hal ini penting agar sebuah organisasi dapat berjalan di bawah koordinasi ,perintah ,pengawasan yang tepat.

      3. Bahwa harus ada pembagian pekerjaan,ya hal ini penting karena organisasi terdiri dari berbagai struktur anggota didalamnya ,dan setiap anggota mempunyai tugas masing masing.

      4. Bahwa organisasi harus ada tanggung jawab ,sebuah organisasi merupakan tanggung jawab semua elemen didalamnya ,bukan hanya tanggung jawab ketua/pemimpin ,tapi merupakan tanggung jawab bersam.


      2.4 Contoh Organisasi 


      2.4.1 BisMania Comunity
      Disini saya mencoba mengambil contoh organisasi yakni BMC BisMania Community,, organisaisi ini bukan hanya pecinta bis saja, namun kita semua disini saling sharing mengenai perkembangan dari sebuah perusahaan otobus di indonesia.





      BMC juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk kembali menggunakan jasa transportasi semisal bis, kita berusaha untuk mengubah cara berfikir masyarakat tentang kriminalitas yg ada di terminal-terminal maupun tempat umum lainnya. Kalau saja semua masyarakat kita menggunakan transportasi umum, saya jamin tidak akan terlalu parah kemaceatan yang trjadi di IbuKota kita ini. Selain mengurangi kemacetan kita juga dapat mengurangi emisi gas buang dan mengurangi bahanbakar yang sekarang sudah berkurang.
      Dibulan Ramadhan kemarin mereka mengadakan buka bersama di pool Harapan Jaya yang terletak di jalan raya caglak, dekat dengan RS. Pasar Rebo. Bukan hanya sekedar buka bersama saja, kami juga disini menggalang dana seikhlasnya untuk menbagi-bagikan takjil diterminal Rawamangun, Poris, dan Lebakbulus. Bukan hanya itu saja peranan BMC kepada masyarakat, pada arus mudik kemarin kami semua anggota yg sempat dan mampu membantu para pemudik yang kebingungan setelah tiba diterminal bungurasih (Surabaya)dan para bisamania juga membantu para pemudik untuk membawakan barang bawaannya ketempat yang aman.

      2.4.2 Front Pembela Islam

      Front Pembela Islam (FPI) adalah sebuah organisasi massa Islam bergaris keras yang berpusat di Jakarta.


      FPI memiliki Laskar Pembela Islam, kelompok paramiliter dari organisasi tersebut yang kontroversial karena melakukan aksi-aksi "penertiban" (sweeping) terhadap kegiatan-kegiatan yang dianggap maksiat atau bertentangan dengan syariat Islam terutama pada masa Ramadan dan seringkali berujung pada kekerasan.


      Organisasi ini terkenal dan kontroversial karena aksi-aksinya sejak tahun 1998. Rangkaian aksi yang berujung pada kekerasan sering diperlihatkan dalam media massa.

      Organisasi ini dibentuk dengan tujuan menjadi wadah kerja sama antara ulama dan umat dalam menegakkan Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar  di setiap aspek kehidupan.

      2.4.3 FPI dan Kontroversinya


      Dilingkungan masyarakat sendiri keberadaan FPI masih menjadi polemik dan kontroversi. Karena aksi aksinya yang sering berbuat anarkis. FPI sering melakukan sweeping-sweeping ke tempat tempat yang dianggapnya ‘maksiat’ dan melanggar norma agama. Memang aksi sweeping ini tidak terlepas dari lemahnya pengawasan aparatur Negara (polisi) dalam mengendalikan kebiasan-kebiasaan yang ada di masyarakat, contohnya mabuk-mabukan, perjudian, lokalisasi, dan lain sebagainya. Sehingga ini menjadi pembenaran oleh mereka untuk melakukan aksi sweeping tersebut. Sebetulnya aksi sweeping tersebut sudah melanggar norma hukum yang ada, namun karna polisi yang tidak bergerak akhirnya hukum jalanan lah yang berlaku di seantero negri ini. Mungkin jika hanya melakukan aksi sweeping, masyarakat tidak terlalu keberatan, tapi jika aksi sweeping tersebut dilakukan juga dengan aksi anarkis dan brutal inilah yang menjadi pertentangan di kalangan masyarakat. Negara ini seperti bukan Negara hukum, Negara ini bak hukum jalanan yang tidak jelas tata aturanya.

      FPI yang sering melakukan aksi anarkis membuat beberapa kalangan masyarakat ‘gerah’. Masyarakat gencar meneriakan seruan untuk pembubaran organisasi FPI. Masyarakat meminta untuk FPI segera dibubarkan, namun pemerintah berdalih bahwa pembubarab organisasi itu tidak mudah. Masyarakat tersebut malah dibuat heran oleh pemerintah, bagaimana bisa pemerintah yang mengatur Negara ini tidak punya daya untuk pembubaran organisasi, padahal organisasi tersebut sudah memenuhi syarat-syarat pembubaran sebuah organisasi, contohnya jika sebuah organisasi meresahkan atau berbuat onar di masyarakat maka harus diadakan pembubaran oleh Negara.



      2.5 Peranan Organisasi dalam masyarakat


      Suatu organisasi mempunyai arti penting dalam masyrakat , karena organisasi dapat membantu/mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungan & kehidupannya,organisasi bisa sebagai pendukung proses sosialisasi yang berjalan di sebuah lingkungan bermasyrakat ,yang paling utama organisasi merupakan tempat /wadah aspirasi dari seklompok individu yang berbeda beda contohnya adalah komunitas pecinta bus ,yaitu bismania community ,komunitas ini merupakan seuatu wadah tempat berkumpul ,sharing ,para penggemar bus dari seluruh penjuru indonesia .organisasi juga bisa dapat digunakan sebagai tempat pengontrolan /pengawasn terhadap kebijakan kebijakan dan kerja dari sebuah pemerintahan yang sedang berjalan .atau bisa disebut organisasi berbasis politik .organisasi bisa menjadi penyokong dalam suatu pemerintahan .

      Maka dari itu , banyak yang bisa kita dapatkan dari sebuah organisasi. Kita dapat menuangkan ide positif , aspirasi kita ,dan dengan organisasi kita bisa mendpatkan arti pentingnya kebersamaan dalam mencapai sebuah tujuan bersama .



      Bab 3

      Kesimpulan


      Organisasi merupakan suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama,organisasi mempunya tujuan ,visi dan misi yang jelas ,organisasi memegang pernanan penting dalam suatu masyarakat ,karena organisasi dapat membantu/mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungan & kehidupannya,organisasi bisa sebagai pendukung proses sosialisasi yang berjalan di sebuah lingkungan bermasyrakat.Organisasi bisa juga disebut kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan.






      Tugas kelompok 1

      Nama Kelompok :

      10110176    Aditama tejaputra

      10110526    Alfani Setiawan

      11110277    Azmi erfiandi

      12110307    Eko alfiantoro

      13110603    Irfan hikmatiar s

      14110145    M Yanuar Suratman

      15110195    Nursidik Maulana

      16110104    Rizka hasmulyawan

      18110412    Wahid sulaiman




      Referensi


      http://id.wikipedia.org/wiki/Front_Pembela_Islam


      http://www.papanputih.com/2010/10/apa-itu-organisasi.html

      Sumber Gambar

      http://www.kampungtki.com/wp-content/uploads/fpi31-300x198.jpg

      http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs167.snc1/6256_125020113512_753578512_2308807_5033024_n.jpg













      0 komentar: